Tahun 2021, ITB Akan Menerima 4.620 Mahasiswa Melalui 3 Jalur Seleksi

ITB Kampus Cirebon, Tidak menerima mahasiswa baru dari jalur seleksi mandiri

38

Institut Teknologi Bandung ( ITB) mengaku akan menerima 4.620 mahasiswa baru di tahun ini.

Penerimaan lewat jalur tiga seleksi. “Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri,” kata Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto melansir laman IPB, Sabtu (30/1/2021).

Khusus jalur SNMPTN, bilang dia, ITB menawarkan Program Peminatan. Selain itu ITB juga membuka kelas Internasional.

Dia menyebutkan, kuota jalur SNMPTN akan dibuka sebanyak 40 persen dari porsi yang dibuka. Sedangkan jalur SBMPTN sebanyak 30 persen dan Seleksi Mandiri sebanyak 30 persen.

“Jalur ini dibuka untuk semua sekolah/fakultas yang ada di ITB,” sebut dia. Informasi, tata cara, dan jadwal pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN bisa dilihat di laman LTMPT, https://ltmpt.ac.id.

Dia mengatakan, jalur Seleksi Mandiri menjadi jalur alternatif bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik baik dan ingin diterima di prodi yang diminati.

Pada penerimaan jalur seleksi mandiri, ITB menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan nilai UTBK sebagai materi penilaian.

Khusus Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB akan melaksanakan ujian keterampilan.

“Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB, kecuali program studi ITB Kampus Cirebon,” ujar Arief.

ITB tidak membuka jalur penerimaan seleksi mandiri di ITB Kampus Cirebon sebagai salah satu program insentif, dengan pengenaan UKT SNMPTN dan SBMPTN bagi seluruh mahasiswa ITB Kampus Cirebon.

Tawarkan 16 prodi

Dia mengungkapkan, ITB menawarkan 16 prodi pada program peminatan.

Program peminatan merupakan bentuk dukungan ITB terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia dan Ilmu Pengetahuan.

Beberapa prodi itu, seperti Astronomi, Kimia, Meteorologi (Ganesha), Oseanografi (Ganesha), Oseanografi (Cirebon), Teknik Geofisika (Ganesha), dan Teknik Geofisika (Cirebon). Kemudian ada Teknik Fisika, Manajemen Rekayasa, Teknik Material, Perencanaan Wilayah dan Kota (Ganesha), Perencanaan Wilayah dan Kota (Cirebon), dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi.

“Ada juga Kriya (Cirebon), Teknik Industri (Cirebon) dan Kewirausahaan,” sebut dia.

Untuk mengikuti program peminatan ini, calon mahasiswa harus mendaftar pada SNMPTN 2021. Lalu memilih fakultas yang menaungi prodi yang diminatinya di ITB pada laman SNMPTN 2021. Calon mahasiswa juga diharuskan mengisi pilihan prodi ITB di laman Program Peminatan ITB 2021.

Laman Program Peminatan ITB 2021 akan tersedia pada 15-25 Februari 2021.

“Peserta SNMPTN 2021 tidak diperkenankan untuk memilih lebih dari satu prodi dalam Fakultas/Sekolah yang sama di ITB,” sebutnya.

Di tahun ini, ITB juga membuka kelas internasional bagi putra dan putri Indonesia yang telah tinggal di luar negeri.


Editor : BDe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here